Senin, 21 Maret 2011

Pertanyaan Mendasar Fisiologi Tumbuhan

Tugas Fisiologi Tumbuhan
1. Bandingkan antara autotrof dan heterotrof !
Jawab : Autotrof adalah organisme yang sumber karbonnya yaitu dari senyawa anorganik sederhana yang berasal dari lingkungannya, kemudian disintesis melalui jalan fotosintesis dan kemosintesis menghasilkan senyawa organik.
Sedangkan heterotrof adalah organisme yang sumber karbonnya yaitu dari senyawa organik, yang berasal dari makhluk hidup lain.

2. Bagaimana tumbuhan merespon hidup sebagai autotrof ?
Jawab : - Tumbuhan memiliki klorofil yang digunakan untuk menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis
- Tumbuhan memiliki kutikula pada daunnya untuk mengurangi penguapan, mencegah kekeringan yang dapat menyebabkab laju fotosintesis menurun.
3. Apakah mekanisme posisi ? Beri contoh !
Jawab : Tumbuhan umumnya hidup menetap atau menempel pada mediumnya . Tumbuhan tidak dapat bergerak secara aktif. Gerak pada tumbuhan hanya mencakup gerakan dari sebagian organ-organnya saja, seperti akar, batang, ranting dan daun tumbuhan.
Contoh adalah gerakan :
- Higroskopis, yaitu gerakan yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air yang tidak merata pada bagian tubuh tumbuhan

Misalnya:
• gerak membuka dan menutupnya anulus pada kotak spora.
• pecahnya buah tanaman polong
- Gerak endonom adalah yang dipengaruhi oleh faktor dari dalam tubuh tumbuhan sendiri. Contoh gerak ini antara lain gerak sitoplasma, gerak kloroplas pada sel-sel daun lidah buaya dan selaput umbi bawang merah, serta gerak melilitnya batang kacang panjang, gadung dan umbi.
- Gerak esionom adalah: gerak tumbuhan yang disebabkan adanya rangsangan dari luar. Rangsangan itu dapat berupa cahaya , gravitasi bumi, sentuhan , senyawa kimia, air dan sebagainya .Gerak esionom dibedakan menjadi tiga yaitu:

1. gerak nasty , contoh : Gerak menutup daun putrid malu (Mimosa Pudica) saat disentuh

2. gerak tropisme, contoh : gerak batang mendekati matahari.

3. gerak taksis, contoh : Euglena bergerak mendekati sumber sinar.
4. Bagaimana tumbuhan memanfaatkan lingkungan mereka ? (pertimbangkan bentuk dendritik, reproduksi aseksual, pertambahan tidak heterofili, mencari makan, dan desain arsitektur).
Jawab : - tumbuhan memiliki akar yang kuat dan bentuk ujungnya seringkali meruncing, hingga lebih mudah untuk menembus tanah dan dapat memperoleh unsur hara yang terkandung dalam tanah.
- Dalam proses penyerbukan, tumbuhan memanfaatkan bantuan misalnya serangga, sehingga memiliki bentuk dan warna bunga yang menarik.
5. Bandingkan hewan dan tumbuhan dalam hal desain arsitektur dan mekanik) !
Jawab : Hewan : memiliki tubuh yang dapat bergerak bebas karena tidak tertanam dalam suatu medium. Memiliki ekstremitas atas dan bawah yang dapat digerakkan secara aktif.
Sedangkan tumbuhan memiliki tubuh yang kaku yang tertanam dalam suatu medium. Gerakan nya hanya berlangsung pada bagian tertentu saja.
6. Mekanisme bagaimana tanaman merasakan perubahan lingkungan ? Mengapa ini penting ?
Jawab : Misal saat suhu tinggi, tanaman merespon dengan cara menutup stomata sehingga dapat mengurangi pengeluaran air. Saat musim dingin, tumbuhan akan mengalami masa dorman dengan menggugurkan daunnya. Itu penting untuk menjaga agar tubuh tumbuhan tetap dapat bertahan hidup di kondisi panas ataupun dingin.
7. Identifikasi beberapa ancaman fisik dan biologis pada tanaman? Bagaimana cara tumbuhan melindungi diri dari bahaya ?
Jawab : Ancaman fisik : adanya gangguan dari hewan lain. Cara tumbuhan melindungi diri adalah dengan mengeluarkan semacam senyawa yang dapat menyebabkan hewan tersebut tidak tertarik. Misal senyawa yang berbau tajam, yang menyebabkan gatal, dan sebagainya.
8. Bagaimana tumbuhan menemukan pasangan ?
Jawab : dengan bantuan pada proses penyerbukan. Misal bantuan angin, serangga, air, yang akan membawa benang sari ke tempat lain dan bila bertemu dengan jenis yang sesuai dan lingkungan yang cocok akan terjadi pembuahan.
9. Diskusikan beberapa masalah yang unik dengan cara tanaman hidup. Bagaimana tanaman mengahdapi masalah itu ?
Jawab : Masalah ; suhu dan kelembaban tinggi, tumbuhan akan menutup stomata untuk mengurangi penguapan.
- Angin yang berhembus keras, tumbuhan memiliki akar yang kuat untuk menopang tubuhnya.
- Saat lingkungan kondisinya tidak menguntungkan, tumbuhan akan mengalami masa dorman, missal saat musim gugur daun akan meranggas.
10. Pikirkan pernyatan : Tanaman lebih pintar dari yang Anda pikirkan !
Jawab : Tanaman tidak memiliki system saraf seperti halnya hewan. Namun, tumbuhan masih mampu melakukan suatu koordinasi.
11. Identifikasi karakteristik dari kerajaan tumbuhan !
Jawab : Tumbuhan memiliki organ utama akar, batang, dan daun. Dan memiliki organ reproduksi bunga, buah, dan biji. Tumbuhan harus hidup pada sebuah medium misal tanah tempat memperoleh unsure hara.
12. Autotrof biasanya nonmotil. Heterotrof motil. Mengapa evolusi ini menguntungkan ?
Jawab : Pada tumbuhan yang autotrof, sifatnya yang nonmotil membuatnya tidak memerlukan energy yang besar untuk aktivitas hidupnya sehingga sebagian besar energy tersebut dapat digunakan untuk proses sintesis makanan.
Sedang pada heterotrof bersifat motil guna mendapatkan sumber makanannya sebab heterotrof membutuhkan organism lain sebagai sumber makanan.
13. Mengapa daun lebar dan tipis ?
Jawab : Daun lebar dan tipi situ pada daun tumbuhan yang hidup di lingkungan air atau sekitar air yang lembab. Untuk memudahkan proses transpirasi.
14. Bandingkan Hewan dan tumbuhan dalam hal nutrisi (jenis, konsentrasi, dan lokasi ) !
Jawab : Hewan memerlukan nutrisi yang bersifat senyawa karbon organic sedangkan tumbuhan memerlukan nutrisi yang bersifat senyawa karbon anorganik dalam konsentrasi yang tidak terlalu tinggi (karbon anorganik sederhana).
15. Jelaskan mengapa tanaman tidak dibatasi oleh ukuran ?
Jawab : tubuh tumbuhan yang tidak dapat bergerak secara bebas memerlukan bentuk tubuh yang dapat terus tumbuh untuk tetap dapat mencari sumber unsur hara di dalam tanah dan di udara.
16. Identifikasi struktur khusus (dan fungsi) bahwa tanaman digunakan untuk autotrof !
Jawab : Tanaman memiliki klorofil yang digunakan untuk menyerap cahaya matahari guna berlangsungny proses fotosintesis.

Sumber : anonim (dari berbagai sumber di pencarian google).

Pertanyaan : bedakan osmosis dan difusi dalam satu kalimat !
Jawab : Osmosis adalah pelarutnya yang berpindah sedangkan difusi adalah zatnya yang berpindah dari konsentrasi tinggi ke rendah.
Sumber : dari penafsiran setelah memaca buku Biologi Sel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar